Mendapat 1,18 Milyard, Sewa / Lelang Sawah Kas Desa Pengkol Meningkat 120% dari Tahun lalu

  • Mar 14, 2024
  • Admin Pengkol

Lelang tanah kas desa di Kabupaten Grobogan yang dilaksanakan Pemdes pada awal 2024 diwarnai dengan peningkatan pendapatan hasil lelang, hal itu disebabkan karena para warga desa Pengkol yang saat ini sedang panen raya  masih menikmati hasil jual yang tinggi.

Seperti halnya pelelangan kas desa di desa Pengkol kecamatan Penawangan Grobogan, dari luas tanah kas desa seluas 85   hektar, yang di bagi menjadi 402 bidang, menghasilkan kas desa sebesar  Rp. 1.181.100.000 ( Satu milyar Seratus delapan puluh satu juta seratus ribu rupiah )

“Hasil Sewa/lelang kami mengalami peningkatan 120% bila dibandingkan tahun lalu, sebab tahun ini Panen raya di Wilayah Kami masyarakat masih mendapati harga jual padi yang sangat tinggi "  ungkap Sugiharto Kades Pengkol saat ditemui di ruang kerjanya,Minggu siang (10/3/2024)

Pada acara lelangan itu masyarakat begitu antusias mengikuti prosesnya hingga akhir acara. Hadir dalam acara tersebur, Camat Penawangan Yunus Suryawan S,ip, dan Forkopimcam, selain itu ada juga Media dan LSM.

Proses pelelangannya dengan sisten terbuka dan warga Desa Pengkol calon penggarap tanah bondho desa tersebut langsung membayar tunai didepan panitia lelang uang sewa tersebut langsung diserahkan kepada petugas Bank BKK Penawangan.

Terkait harga lelang, Sugiharto menjelaskan, harga per titik bervariasi, dimana harga tertinggi mencapai Rp.12.250.000,- sedang harga terendah mencapai Rp.100 ribu.

Lelang tanah kas desa di desa tersebut bisa dibilang berhasil, sebab nilai per titik rata rata naik Rp.50 ribu hingga jutaan rupiah dari tahun lalu. Disamping itu hasil panen bisa dikatakan lumayan berhasil