Puskesmas Penawangan I Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan dan Rontgen Thorax Gratis di Desa Pengkol

  • Mar 26, 2024
  • Admin Pengkol

Dalam rangka pencegahan penyebaran dan Penanggulangan penyakit Tubercolosis (TB), Puskesmas Penawangan I dan Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan melakukan pemeriksaan kesehatan dan kegiatan Foto Rontgen Thorax secara gratis di Balai desa Pengkol. Sabtu,(28/03/2024).

Wahyu, Bidan Puskesmas Penawangan I mengatakan, dalam kegiatan hari ini terintegrasi antara penyandang (DM) dengan skrining TB , jadi harapannya itu kita bisa menjaring lebih banyak lagi pasien yang terkena (TB) paru dari penyandang diabetes, karena ternyata setelah kita baca beberapa jurnal dari pasien diabetes itu banyak mereka juga yang terkena (TB) paru tetapi tidak terdeteksi dini, sehingga pada saat ditemukan kasusnya sudah di rumah sakit atau sudah dalam keadaan tidak baik.

Dalam kegiatan ini tujuan menjaring yang terdeteksi ada (TB) paru tapi mungkin bergejalanya masih ringan atau bisa jadi belum tergejala.

"Dari lima (5) dusun di Desa Pengkol sasarannya 38 orang tapi alhamdulillah hari ini yang terdaftar 96 orang yang ikut kegiatan Rontgen, kegiatan ini di mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai yang diikuti oleh warga masyarakat Desa Pengkol,"Ungkapnya.

Kegiatan ini di dampingi kepala Puskesmas Penawangan I dan jajarannya dimana kegiatan tersebut berlangsung dengan baik dan lancar. Kegiatan ACF Active case-finding (ACF) diikuti peserta 96 orang yang hadir, dilakukan pemeriksaan Rontgen berjumlah 96 orang, di ambil dahaknya untuk di TCM /Tes Cepat Molekuler.

"Karena kegiatan ini pendanaannya dari pusat dari kementrian kesehatan, kita belum tau apakah setiap tahun ada atau tidak, yang jelas tahun ini dilaksanakan setiap Puskesmas di setiap kabupaten Grobogan,"ucapnya.