Desa Pengkol Ikuti Pelatihan Aparatur Desa (PAD) Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Jawa Tengah

  • Sep 06, 2024
  • Admin Pengkol

Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Komponen 1 Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa dengan tema Pelatihan Aparatur Desa (PAD) Dasar tahun 2024 di Provinsi Jawa Tengah dengan target total 4.841 Desa se-Jawa Tengah. Gelombang ke-4 dilaksanakan pada tanggal 2 - 6 September 2024 yang bertempat di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tiap Desa akan diwakili oleh 4 (empat) unsur peserta yakni: 1. Kepala Desa; 2. Sekretaris Desa; 3. Ketua BPD/yang mewakili; dan 4. Ketua LKD PKK / yang mewakili. Pelaksanaan akan diikuti oleh 480 Desa dengan jumlah peserta sebanyak 1.920 orang dan akan dibagi ke dalam 60 kelas.

Desa Pengkol yang diwakili 4 Peserta Mengikuti Kegiatan tersebut di Hotel MG SETOS Semarang. Selama 4 hari tersebut, Kepala Desa, Sekretaris Desa , Ketua BPD, Ketua TP PKK di tempa di Kawah candradimuka oleh Pelatih, di Kelas 10 tersebut selain Desa Pengkol juga diikuti 8 Desa  berbeda yang berasal dari Kabupaten berbeda juga. diantaranya Desa Samiranan-Temanggung, Desa Wanacala-Brebes, Desa Glebeg-Rembang, Desa Meger-Klaten, Jeblongan-Wonogiri,Desa Kaponan-Magelang, Desa Gunungcondong-Purworejo.

Selain ilmu yang didapat dari Pelatih, 8 Desa Peserta juga berbagi pengalaman di Desa masing-masing, pengalaman tersebut nantinya bisa jadi Inspirasi dan Inovasi yang nantinya bisa diterapkan di desa masing-masing. karena karakteristik dan dari demografi yang berbeda.

Pak Hendi salah seorang Pelatih pada pelatihan tersebut berharap kepada Peserta setelah mengikuti Pelatihan tersebut bisa mengimplementasikan apa yang didapat dalam pelatihan tersebut, " Harapan Kami setelah Anda pulang dari sini bisa mengimplementasikan apa yang kita pelajari selama mengikuti pelatihan disini" Ujar Sang Pelatih