13 Mahasiswa IAIN Kudus Laksanakan KKN Moderasi Umat Beragama di Desa Pengkol

  • Sep 06, 2024
  • Admin Pengkol

 IAIN Kudus pada tahun ini menerjunkan 2.222 mahasiswa untuk melaksanakan KKN Moderasi Beragama di Kabupaten Grobogan yang tersebar di 11 ( sebelas ) kecamatan dari 19 kecamatan di Kabupaten Grobogan. KKN Moderasi akan dilaksanakan selama 45 hari mulai tanggal 2 September s.d 16 Oktober 2024.   

Desa Pengkol juga tak luput  mendapatkan alokasi kegaiatan KKN tersebut, dan pada hari ini sebanyak  13 orang  mengadakan tatap muka dengan unsur Pemerintah Desa,Bhabinkamtibmas, Babinsa,  Perwakilan PKK, Karang Taruna, Bidan dan Perawat Desa. Acara tatap muka dikemas dengan cukup bagus oleh anak- anak mahasiswa KKN, acara sangat runtut dan sangat religius hal ini sudah menggambarkan bahwa hasil menuntut ilmu di IAIN Kudus sampai semester 7 ini cukup berhasil. Muhammad Syaifudin selaku Kordinator Desa cukup bagus  dalam sambutan mewakili  Dosen Pembimbing yang berhalangan hadir.

“ Kami ucapkan  selamat datang di Desa Pengkol  untuk adik- adik mahasiswa KKN IAIN Kudus, anda semua akan menikmati suasana yang berbeda  di Pengkol dengan desa asal ,Karena Desa Pengkol yang jauh dari Kota ” ujar Agung sapaan akrab Sekretaris  Desa Pengkol dalam sambutan penerimaan mahasiswa KKN .

"Anda semua KKN di Pengkol lakukan saja secara rileks dan santai bisa bersinergi dengan kegiatan desa, sehingga maksud dan tujuan sesuai program KKN nanti terealisasi “ lanjut Agung.

Dari perkenalan 13( tiga belas ) orang mahasiswa tesebut berasal dari Kabupaten Kudus, Pati, Demak dan Blora,dan juga ada yang dari Grobogan.  

KKN Moderasi Beragama merupakan merupakan bentuk KKN yang menggabungkan perguruan tinggi se-Indonesia di bawah Kementerian Agama di mana program ini menjadi kegiatan tahunan. Dalam KKN tersebut diharapkan mahasiswa akan terlibat dalam berbagai program kegiatan, di antaranya :

  1. Pemberdayaan Potensi Desa
  2. Penguatan Moderasi Beragama
  3. Sosialisasi Pencegahan Bullying, Perundungan, dan Intoleransi di Kalangan Anak-Anak dan Remaja
  4. Kolaborasi Bersama Pemerintah dalam Percepatan Penurunan Stunting
  5. Pemberdayaan Difabel
  6. Sosialisasi Pencegahan Pernikahan Dini
  7. Kolaborasi Bersama Pemerintah dalam Penanganan Anak Putus/Tidak Sekolah
  8. Inisiasi Desa Ramah Perempuan dan Anak
  9. Pendampingan dan penyuluhan sesuai kompetensi keprodian, dan
  10. Dapat bersinergi dengan program yang ada di desa yang ditempati.

 

Semoga dengan adanya KKN ini dapat bisa menambah wawasan dan pengetahuan maupun bertukar pengalaman antara mahasiswa dengan masyarakat, syukur - syukur bisa membawa dampak untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Pengkol, semoga semuanya mendapatkan ridha Allah. SWT. Aamiin.