Meriahkan HUT RI Ke 78 Karang Taruna Desa Pengkol Gelar Seni Budaya Ketoprak

  • Aug 22, 2023
  • Admin Pengkol

Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78 Karang Taruna Wira Karya Desa Pengkol, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan menggelar pertunjukan kesenian Ketoprak " SriBudhoyo” dengan lakon “Saridin Andum waris”.

Acara yang dilaksanakan di Lapangan sepak Bola Desa Pengkol tersebut dihadiri ribuan masyarakat setempat, Sabtu (19/08/2023).

Sugiharto selaku Kades Pengkol menjelaskan bahwa pegelaran ketoprak humor tersebut bertujuan untuk memeriahkan HUT RI ke-78 dan sekaligu memberi edukasi kepada masyarakat untuk terus melestarikan kebudayaan lokal yang saat ini mulai digerus oleh zaman. “Sebenarnya acara ini kami kemas sederhana saja, selain untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Kita juga ingin mengajak masyarakat untuk tetap bangga dan melestarikan kebudayaan yang ada,” terangnya

Pertunjukan yang digelar malam ini selain dihadiri oleh Masyarakat juga hadir Perangkat desa dan tim Keamanan dari Polsek Penawangan,  Dukungan dan kehadiran mereka menggambarkan betapa pentingnya upaya menjaga dan menghidupkan kembali warisan budaya kita.

Kemeriahan dan semangat dalam acara ini adalah cerminan dari semangat Indonesia yang terus berjuang maju. Melalui seni dan budaya, kita mengingatkan diri kita akan akar-akar dan nilai-nilai yang membentuk identitas bangsa. Semoga upaya seperti ini dapat terus ditingkatkan dan menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk menjaga serta menghargai warisan budaya yang kita miliki.