Launching ILP (Intregrasi Layanan Primier ) Desa Pengkol

  • Jul 16, 2024
  • Admin Pengkol

Integrasi Layanan Primer (ILP) merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat desa. Pemerintah Desa Pengkol mengadakan Launching ILP di Balai Desa pada Senin, 15/07/2024.

Sekretaris Desa Pengkol, Agung Prabowo, berharap dengan adanya ILP, kesehatan masyarakat desa akan semakin maju. Warga tidak perlu lagi berobat ke Puskesmas induk, karena pemeriksaan kesehatan kini tersedia di desa dengan tenaga kesehatan yang profesional dan BPJS Kesehatan.

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Penawangan 1,  Desa pengkol adalah desa pertama di wilayah Kecamatan Penawangan yang telah meluncurkan ILP. Di tahun 2024,nantinya semua desa di kecamatan Penawangan diwajibkan untuk meluncurkan ILP. 

Saat ini Desa Pengkol masih kekurangan tenaga kesehatan, namun sudah ada perawat di Puskesmas Pembantu. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk memanfaatkan layanan kesehatan yang tersedia dan menggunakan BPJS Kesehatan. 

Camat Penawangan yang diwakili Kasi Trantipbun, Ahmad Muttaqin menuturkan bahwa dengan adanya ILP, diharapkan angka stunting di Desa Pengkol dapat mencapai zero di tahun 2025. Beliau juga menghimbau masyarakat untuk aktif memeriksakan kesehatannya di unit kesehatan setempat

 

Terdapat beberapa manfaat Integrasi Layanan Primer ILP bagi Masyarakat Desa Pengkol, yang pertama akses layanan kesehatan yang lebih mudah dan dekat dengan tempat tinggal. Kedua pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas dan komprehensif. Ketiga Peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan. Keempat penurunan angka stunting dan penyakit menular. Yang terakhir peningkatan kualitas hidup masyarakat desa.

Ahmad Muttaqin mengajak kepada masyarakat untuk mendukung program ILP untuk mewujudkan masyarakat Desa Pengkol yang sehat dan sejahtera. pungkasnya