Grobogan genap berusia 294 tahun kemarin. Kabupaten ini terus tubuh dengan berbagai pencapaiannya. Para jajaran pemerintahan, OPD, dan berbagai elemen turut nyengkuyung (bergotong royong) membangun Kabupatennya. Untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. momen hari ulang tahun ini juga dirasakan Kepala Desa Pengkol Kecamatan Penawangan Kemarin, Kepala Desa Pengkol, Sugiharto datang menyambangi Bupati Grobogan Sri Sumarni. sebelum upacara dimulai untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Kabupaten Grobogan yang ke-294.

SELAMAT ULANG TAHUN: Kepala Desa Pengkol, Sugiharto memberikan ucapan kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni atas ulang tahun ke-294 di Alun-Alun Grobogan kemarin.

Setelah upacara dilaksanakan atraksi dari tim pemadam kebakaran (Damkar) Purwodadi. Itu dalam peringatan hari ulang tahun Damkar ke-101 dan Satuan Polisi Pramong Praja (Satpol) PP ke-70. Atraksi dimulai memadamkan api menggunakan karung goni dan alat pemadam api ringan (Apar) yang dipraktikkan petugas damkar perempuan. Api itu disulutkan di sebuah tong. Sehingga, tong itu pun berkobar. Kemudian, tiga perempuan anggota damkar membawa kain goni basah. Bergerak perlahan mendekat titik api. Lalu diletakkannya perlahan. Dan api pun padam. Hanya menyisakan asap-asap putih.

Selain itu juga dipraktikkan pemadaman api menggunakan Apar. Sementara itu di depan masjid, mobil-mobil pemadam sudah berjajar. Kini gantian mereka yang menunjukkan aksinya. Satu pimpinan memberikan kode. Menggunakan gerakan-gerakan tangan.

Petasan kecil sudah melengking, lalu meledak di udara. Kini mereka pun beraksi. Air dari mobil-mobil pemadam itu memuncratkan warna-warni. Merah kuning dan hijau. Seperti pelangi. Menari-nari di udara. Serong-serong sesuai arahan pimpinan yang di depan tadi.

Dalam upacara itu, Sri Sumarni menyampaikan, di Ulang tahun yang ke-294 ini berbagai pihak sudah bekerja keras. Menghadapi bersama terkait program-program pembangunan daerah. Saling bergotong royong. Indikator-indikator perkembangan juga dinilai sudah bergerak ke arah yang lebih baik.

Seperti pertumbuhan ekonomi yang positif, penurunan kemiskinan, peningkatan produktivitas, pengendalian inflasi, dan yang lainnya. Selain itu, pembangunan di berbagai bidang juga terus dilakukan.

“Fasilitas pendidikan terus diperbaiki. Destinasi wisata. Kami benahi bersama. Penataan kota juga terus kami canangkan,” ujarnya.

Beberapa penghargaan tingkat provinsi maupun nasional juga sudah diraih. Seperti penghargaan Kabupaten Peduli HAM, Inovasi Pelayanan Publik, dan penghargaan-penghargaan lainnya.

Sri Sumarni pun turun dari mimbar inspektur upacara. Ia berjalan menuju tenda. Yang diduduki para pejabat dan tamu undangan. Selesai upacara,  Mereka pun saling melempar senyum. “Selamat… selamat…,” begitu ucap Para tamu undangan Dengan bersemangat. Ucapan terima kasih diberikan Sri Sumarni.

Upacara HUT Kabupaten Grobogan ke-294 dihiasi hujan warna
Tag pada: