Uji Kuat Tekan Beton Di Laboratorium DPUPR Kabupaten Grobogan ini merupakan kelanjutan dari sebelumnya Pengambilan Sample Beton dengan Coredrill Pada Kegiatan Pembangunan Jalan KP 10 Keselatan yang bersumber dari Dana Desa APBN tahun 2020 tahap 1. Selain Uji beton dari Kegiatan Di Desa Pengkol juga dilaksanakan Uji beton Desa Toko, Desa sedadi, Desa Bologarang dan Desa Karangwader.


Pengujian kuat tekan dari sampel tersebut biasanya lebih dikenal dengan pengujian “Beton Inti” (SNI 03-3403-1994). Alat uji yang digunakan adalah mesin tekan dengan kapasitas dari 2000 kN sampai dengan 3000 kN.

Pemberian beban uji harus dilakukan bertahap dengan penambahan beban uji yang konstan berkisar antara 0,2 N/mm^2 sampai 0,4 N/mm^2 per detik hingga benda uji hancur.

Bila beton yang diambil berada dalam kondisi kering selama masa layannya, benda uji silinder beton (hasil bor inti) harus diuji dalam kondisi kering. Bila beton yang diambil berada dalam kondisi sangat basah selama masa layannya, maka silinder harus direndam dahulu minimal 40 jam dan diuji dalam kondisi basah.
langkah-langkah uji beton adalah sebagai berikut :
1. Pesrsiapkan sample dan alat uji tekan
2. Benda uji dimasukkan ke dalam alat uji tekan.
3. Pemberian beban uji harus dilakukan bertahap dengan penambahan beban uji yang konstan berkisar antara 0,2 N/mm^2 sampai 0,4 N/mm^2 per detik hingga benda uji hancur.
Kuat tekan beton pada titik pengambilan contoh dapat dinyatakan tidak membahayakan jika kuat tekan 3 silinder beton (minimum 3 silinder beton) yang diambil dari daerah beton tersebut memenuhi 2(dua) persyaratan sebagai berikut:

(1) Kuat tekan rata-rata dari 3 silinder betonnya tidak kurang dari 0,85 fc’

(2) Kuat tekan masing-masing silinder betonnya tidak kurang dari 0,75 fc’.
Pada uji beton tersebut 4 sampel corr drill yang di ambil  dinyatakan LOLOS semua. ini menandakan Kegitan Pembangunan Jalan KP 11 Keselatan sudah memenuhi Standart Prosedur.

Uji Kuat Tekan Beton Di Laboraturium DPUPR Grobogan, Semua Sampel dari Desa Pengkol dinyatakan Lolos
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *