Seni potongan penyajian dan ukir semangka, tersaji di Festival Semangka Grobogan, areal persawahan Desa Penawangan, Kecamatan Penawangan, Rabu (28/8).

Mulai ukiran bermotif bunga, hingga berbentuk wajah manusia, diperagakan oleh sejumlah peserta. Sebelumnya, tiga chef yakni Simbon, Hendy, dan Hendro dari Asosiasi Chef Indonesia Jateng, mempraktikkan cara mengukir semangka, menggunakan pisau. Tangan mereka nampak hati-hati saat menyayat kulit hingga mengukir.

Hampir satu jam, ukiran bunga dari semangka tersebut mulai terlihat. Tak hanya mempraktikkan cara pemotongannya, ketiganya juga mengajarkan teknik menggunakan pisau.

Tak lama kemudian, giliran peserta yang mencoba membuat ukiran. Sebanyak 33 peserta lomba ukir buah semangka. salah satu pesarta yaitu Asri wahyu ( TP PKK Desa Pengkol ) yang ikut dalam lomba tersebut.

dalam penilaian Panitia, lomba yang diikuti peserta dari berbagai daerah di Grobogan Asri Wahyu menjadi yang terbaik diantara peserta lainya,selain Tropy Pemenang juga mendapatkan uang pembinaan dari Bank BPD Jawa Tengah sebesar Rp. 1.000.000

Ketua panitia sekaligus Camat Penawangan Hasan Anwar mengatakan selain lomba ukir semangka, kegiatan itu dimeriahkan beragam lomba. Mulai, lomba mbedek bobot semangka, nglangsir semangka, hingga lelang semangka. Pelelangan semangka sendiri dipimpin Bupati Sri Sumarni. Kegiatan tersebut dibuka Assisten II Ahmadi Widodo.

”Festival Semangka Grobogan ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk holtikultura. Ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya di Grobogan,” katanya.

Bupati Sri Sumarni mengatakan semangka merupakan salah satu buah tropis yang kaya akan manfaatnya. Buah berkulit hijau dengan motif loreng tersebut memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A.

Indonesia merupakan salah satu negara yang penghasil semangka. Menurut data Dinas Pertanian Grobogan, di kabupaten ini terdapat lahan 771 hektare untuk pertanian produksi semangka. Dari lahan itu, dapat diproduksi sebanyak 13.280 ton.

Lahan produksi semangka tersebar di sepuluh kecamatan, yakni Penawangan, Geyer, Ngaringan, Wirosari, Grobogan, Brati, Godong, Tegowanu, Purwodadi, dan Tanggungharjo. Hampir separuh dari luasan lahan semangka berada di Kecamatan Penawangan.

 

TP PKK Desa Pengkol juara I lomba watermelon curving di festival semangka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *