Rabu 22/01/2020 Dalam rangka percepatan proses Tukar Menukar Tanah Kas Desa bagi Pembangunan Jalur SUTET 500 KV, PLN regional Jawa Tengah , Dispermasdes Grobogan mengundang Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua Panitia, 6 Desa yang diundang di balai Desa yaitu Desa Wates Kec. Kedung jati, Desa Putatnganten Kec. Karangrayung, Desa Ringinpitu Kec. Tanggung harjo, Desa Karangsari Kec. Brati, Desa Cingkrong Kec. Purwodadi, dan Desa Pengkol Kec. Penawangan.

Dalam tukar menukar tanah kas Desa untuk kepentingan umum dimungkinkan setelah adanya kesepakatan besaran ganti rugi sesuai harga yang menguntungkan Desa dengan menggunakan nilai wajar yang dilakukan oleh tenaga penilai

Tukar menukar kas Desa diharapkan dilakukan dalam bentuk tanah dengan besaran dan nilai yang sama dan berlokasi di desa yang sama. Apabila tidak memungkinkan, maka tanah pengganti dapat berlokasi dalam satu Kecamatan dan/atau desa di Kecamatan lain yang berbatasan langsung.

Apabila tanah pengganti belum tersedia maka penggantian dapat terlebih dahulu diberikan berupa uang,Dalam hal tukar menukar tanah milik desa bukan untuk pembangunan kepentingan umum hanya dapat dilakukan apabila ada kepentingan nasional yang lebih penting dan strategis dengan memperhatikan dan menyesuaikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Verifikasi data dilakukan untuk memperoleh bukti formil melalui pertemuan di desa yang dihadiri oleh unsur dari Pemerintah Desa, BPD, pihak yang melakukan tukar menukar, pihak pemilik tanah yang digunakan untuk tanah pengganti, aparat Kecamatan, Pemerintah Daerah Kabupaten dan Provinsi, serta pihak dan/atau instansi terkait lainnya.

 

PLN undang beberapa Desa di 6 Kecamatan ke Desa Pengkol terkait Verifikasi Tukar Menukar Tanah Kas Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *