Sebagai upaya menjamin pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang sehat pada 9 Desember 2020 mendatang, PPS Desa Pengkol bekerja sama dengan Puskesmas Penawangan 1, melakukan tes cepat deteksi Covid-19 (rapid test) massal kepada 81 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan petugas ketertiban Tempat Pemungutan Suara atau TPS Pilkada Grobogan Tahun 2020.

 

Ketua PPS Desa Pengkol, Sudarto menyampaikan, tes cepat bagi KPPS dan petugas ketertiban TPS, yang akan bertugas di 9 TPS tersebar di seluruh Desa Pengkol ini penting untuk mengantisipasi jika memang ada anggota yang reaktif. Sehingga dapat dengan cepat dilanjutkan dengan tes usap (swab test). Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan, agar pilkada tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19.

“Rapid tes ini dilaksanakan  Jumat (19/11/2020), Pelaksanaan rapid test di Balai Desa Pengkol mulai pukul 08.00-09.00 WIB. Untuk DesaPengkol dilanjutkan pukul 09:00 untuk desa kluwan , di setiap TPS akan ditugaskan tujuh orang KPPS dan dua orang linmas,” tutur Sudarto di sela-sela kegiatan rapit test.

Dijelaskan, apabila hasil tes cepat menyatakan ada anggota KPPS dan petugas ketertiban TPS yang dinyatakan reaktif, maka KPU tidak serta merta akan mengganti. Namun yang bersangkutan diminta untuk menjalani swab tes dan isolasi mandiri selama 14 hari. Ia menambahkan, sebelumnya, badan Adhoc yang lebih dulu bertugas seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) juga telah menjalani tes cepat serupa sebelum bertugas.

“Kegiatan rapid test serupa juga sudah kami lakukan untuk PPS, PPK sejak Agustus lalu. Dari hasil rapid test, jika ada yang reaktif, KPPS tidak bisa langsung dicari penggantinya. Maka yang bersangkutan ditindaklanjuti dengan swab test dan diminta isolasi mandiri selama 14 hari. Masih ada waktu sebelum yang bersangkutan kembali mengikuti bimtek dan rakor persiapan pilkada,” ungkapnya.

Sudarto berharap, para petugas KPPS dan petugas ketertiban TPS yang akan menjalani tes cepat, datang sesuai waktu yang telah dijadwalkan. Juga menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, tetap menjaga kesehatan dan imun tubuh.

Puskesmas Penawangan 1 sebagai puskesmas pemerintah  mendapat kepercayaan dari Pemkab Grobogan untuk memberikan fasilitas tes cepat kepada siapa saja yang ingin melakukan deteksi dini Covid-19. Termasuk kegiatan tes cepat yang diakomodasi oleh PPK kecamatan penawangan  dan mendapat tugas menangani 10 desa yang berada di wilayah kerjanya

 

Petugas TPS Desa Pengkol Lakukan Rapid Test Serentak

21 gagasan untuk “Petugas TPS Desa Pengkol Lakukan Rapid Test Serentak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *