Pada hari Rabu tanggal 27/11/2019 pukul 09.00 WIB, di aula Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan, telah diadakan acara kegiatan pelantikan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa se Kecamatan Penawangan periode tahun 2019-2025 yang di hadiri oleh Camat, Koramil, Kapolsek Penawangan, Perangkat Kecamatan Penawangan dan Kepala Urusan Agama sebagai rohaniawan.

Acara pelantikan BPD dipimpin langsung oleh Camat Penawangan. Dalam sambutanya Camat Hasan Anwar menyampaikan ucapan selamat kepada panitia penyelenggara karena proses pemilihan dan pelantikan BPD se Kecamatan Penawangan berjalan lancar, sukses dan sesuai prosedur yang berlaku.

Anggota BPD Desa Pengkol 2019-2025 bersama Kades Pengkol ,Camat Penawangan dan SKPD Kec. Penawangan

“BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Oleh karenanya anggota BPD diisi berdasarkan keterwakilan wilayah/dusun dan unsur perempuan yang ada di desa tersebut” Ujarnya. Anggota BPD Pengkol terpilih berjumlah 9 orang,

  1. Wilayah I  Sdr.Daryono
  2. Wilayah II  Sdr. Listoyo Handoko
  3. Wilayah III  Sdr.Sholeh Dwi yarsanto
  4. Wilayah IV  dari unsur keterwakilan perempuan Dwi Rahayu Ningsih
  5. Wilayah V   Sdr. Arso Widayat 
  6. Wilayah VI  Sdri. Eka Wiji Astuti
  7. Wilayah VII  Sdr. Mujiyanto
  8. Wilayah VIII  Sdri. Tukinem .  ; dan
  9. Wilayah IX Sdr. Heru Prasetyo

Camat Penawangan menambahkan “Badan Permusyaratan Desa (BPD) mempunyai 3 (tiga) kewenangan pokok yaitu : pertama, menyusun dan menetapkan rancangan peraturan desa bersama kepala desa, kedua melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan kepala desa, ketiga menjaring aspirasi masyarakat kedusunan masing-masing” ujarnya.

Camat Penawangan juga mengingatkan bahwa tahap pertama yang mesti dilakukan BPD setelah pelantikan adalah membentuk kepengurusan BPD melalui surat keputusan ketua BPD dan disahkan oleh camat. Kepengurusan dimaksud terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bidang-bidang dan anggota. Selanjutnya setelah kepengurusan terbentuk BPD tidak serta merta langsung bekerja, akan tetapi harus membuat tata tertib BPD sebagai dasar pedoman pelaksanaan tugas-tugas BPD.

Akhirnya Camat Penawangan menghimbau kepada anggota BPD yang baru dilantik agar dapat bergandengan tangan dengan Pemerintahan Desa dan masyarakat dalam merencanakan Pembangunan Desa sehingga seluruh kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Peresmian dan Pengucapan Sumpah Janji Anggota BPD Pengkol 2019-2025

71 gagasan untuk “Peresmian dan Pengucapan Sumpah Janji Anggota BPD Pengkol 2019-2025

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *