Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Pengkol menggelar uji publik daftar pemilih sementara (DPS) yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Grobogan.

Uji publik yang dihadiri oleh PPS dan Sekertariatan PPS, PPKD Desa Pengkol, PPK Penawangan, Tim Sukses serta Tokoh Masyarakat untuk melakukan sosialisasi sekaligus mendata  warga yang belum masuk dalam DPS.

“Kami menyampaikan DPS yang sudah tercetak untuk diuji atau diumum kan lalu disosialisasikan barang kali di DPS ini masih ada warga atau pemilih yang belum terdaftar,” kata Ketua PPS  Desa Pengkol, Sudarto , Minggu (27/9/2020).

Selain melakukan sosialisasi terkait data pemilih, Totok juga mengatakan, uji publik ini untuk memastikan warga terdaftar secara valid.

Jika ada warga yang telah meninggal dunia namun  masuk DPS, maka akan segera dilakukan perbaikan.

“Barang kali juga masih ada para pemilih yang terdaftar di DPS kemudian meninggal kemudian hari nah itu akan di coret lagi atau di TMS,” katanya.

Tak hanya memperbaiki DPS, dalam sosialisasi ini juga dilakukan pendataan secara langsung ke tingkat TPS, untuk meminimalisir pemilih ganda pada saat pemilihan umum.

“Kalau yang ganda juga sama akan di-TMS kan kalau itu ditemukan,” ujarnya.

Dia berharap, masyarakat bersikap lebih pro aktif mengenai DPS, jika ada data ganda atau data  tidak sesuai segera memberikan tanggapan atau masukan kepada petugas PPS.

“Kami meminta kepada semua elemen masyarakat dalam tahapan perbaikan DPS ini untuk pro aktif melihat mengumuman di desa-desa atau tempat strategis di TPS masing-masing atau lingkungan RT,” Pungkasnya.

Pastikan DPS Pilkada valid, PPS Desa Pengkol Gelar Uji Publik

90 gagasan untuk “Pastikan DPS Pilkada valid, PPS Desa Pengkol Gelar Uji Publik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *