Penerapan PP 39/2006, tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan, merupakan upaya untuk menjawab dan memenuhi tantangan dan kebutuhan melaksanakan siklus manajemen pembangunan secara utuh. Tersedianya sistem monitoring dan evaluasi (Monev) yang handal dapat membantu menghimpun informasi capaian kinerja secara lengkap dan cepat. Informasi capaian kinerja yang lengkap dapat menjadi masukan bagi proses pengendalian pelaksanaan program/kegiatan pembangunan, serta bagi umpan balik terhadap tahap perencanaan selanjutnya. Sistem Monev yang handal diharapkan akan juga dapat meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan untuk fase selanjutnya. Program dan kegiatan yang dituangkan dalam dokumen perencanaan (Renja-KL dan RKA-KL) harus terus dipantau pelaksanaan selama Tahun Anggaran berjalan

Sistem Monitoring dan Evaluasi kinerja pembangunan, khususnya terhadap program dan kegiatan yang dituangkan dalam dokumen perencanaan perlu terus dikembangkan agar lebih bermanfaat bagi manajemen pembangunan. Penyempurnaan mekanisme dan pelaporan Monitoring dan Evaluasi, secara langsung mengharuskan terpenuhinya dokumen perencanaan yang berkualitas dan dapat dievaluasi.

Tujuan monitoring dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan, antara lain:

  • Untuk menjamin terlaksananya kebijakan, program dan proyek sesuai dengan target dan rencana yang telah ditetapkan (on Track – on Schedulle);
  • Agar ada umpan balik terhadap kebijakan, program dan proyek, untuk diteruskan dilanjutkan dengan perbaikan atau dihentikan ;
  • Untuk membantu pemangku kepentingan belajar lebih banyak mengenai kebijakan, program dan proyek  ;
  • Agar  kebijakan, program dan proyek mampu mempertanggungjawabkan penggunaan dana publik (akuntabilitas).

 

Selasa (07/01/2020) Monitoring dan Evalusi Pembangunan tahap III  Desa Pengkol  berlangsung siang ini, dengan dihadiri oleh Camat Penawangan ( Kasan anwar ), sekcam Penawangan ( Ali M ) Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) ,BabinsaKantibmas, Babisa dan Pendamping Desa Teknik Insfratuktur ( PDTI ) , Pendamping Lokal Desa ( PLD ). serta di hadiri Lembaga sosial Masyarakat ( LSM )

Dari pantauan di lapangan, tinjauan yang dilakukan di Desa Pengkol, pemeriksaan dilakukan pada dua titik yaitu Pembangunan Jalan KP 16 Keselatan dan Pembngunan Talud Timur Dusun Duwari. Pemeriksaan sendiri dilakukan secara detail, mulai dari kedalaman dan ketebalan Talud,Panjang dan Kwalitas Beton KP 16 serta kwalitas bahan dan cara pengerjaan. Hal ini untuk memastikan seluruh pengerjaan dan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa berjalan dan sesuai dengan Perencanaan.

“Saya mengucapkan terima kasih dan menyambut baik atas kedatangan tim Monitoring dan Evaluasi dari kecamatan Penawangan, Alhamdulillah pengerjaan Pembangunan Dana Desa Tahap III untuk 7 Tempat bisa terlaksana dan berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang direncanakan dalam APBDesa 2019, pekerja di ambilkan dari dalam desa dengan harapan masyarakat bisa ikut andil dalam pembangunan dan untuk memenuhi terserapnya 30% Dana Desa yang diperuntukan untuk honor Harian Orang Kerja (HOK).” Kata Kepala Desa Pengkol, Sugiharto Saat diwawancara di halaman kantor Desa,Pengkol.

Monitoring dan Evaluasi yang dilakukan ini bertujuan untuk memastikan apakah pembangunan tersebut dilakukan sesuai dengan efektivitas pelaksanaan tugas dan fugsi sesuai dengan apa yang ada di dalam pengajuan.

 

doc. PPID Desa Pengkol.

 

“saya memberikan apresiasi kepada Pemerintah desa dan Tim TPK Desa Pengkol yang telah merealisasikan Dana Desa Tahap III untuk pembangunan 7 Sarana dan Prasarana sesuai dengan apa yang diajukan, untuk pengerjaan pembangunan ini bisa dikatakan cukup cepat, dan perlu diingat bahwa 30% dari Anggaran dana Desa diperuntukan untuk honor Harian Orang Kerja (HOK).” Kata Camat Penawangan, Kasan Anwar saat monitoring di Dusun Duwari.

Menurut Kasan Anwar selaku Ketua Tim Monitoring mengatakan bahawa pengerjaan Pembangunan di Desa Pengkol terbilang cukup cepat, karena Dana Desa tahap III ini harus terealisasi sampai akhir tahun, dan untuk bahan evaluasi dari kegiatan pembangunan tersebut 30% dari total Anggaran Dana Desa ini harus terserap untuk honor Hari Orang Kerja (HOK). Selain itu, beliau mengingatkan kepada seluruh Desa untuk berhati-hati dalam penggunaan dan pengelolaan Dana Desa.

Pemerintah Desa Pengkol berharap Pembanguna ini berjalan lancar, agar secepatnya dapat dirasakan  manfaatnya oleh masyarakat khususnya masyarakat desa Pengkol

Monitoring dan Evaluasi Dana Desa Tahap III Desa Pengkol oleh Tim Monev Kecamatan Penawangan
Tag pada:            

317 gagasan untuk “Monitoring dan Evaluasi Dana Desa Tahap III Desa Pengkol oleh Tim Monev Kecamatan Penawangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *