Memori Serah Terima Jabatan Kepala Desa adalah suatu laporan mengenai pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dari Jabatan Kepala Desa dalam periode jabatan tertentu terkait penyelenggaraan pemerintahan desa.
Lazimnya, penyerahan buku/naskah laporan memori serah terima jabatan ini bersamaan dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan pada saat akhir masa jabatan seorang Kepala Desa.

Berikut ini jenis-jenis memori serah terima jabatan (sertijab) Kepala Desa, diantaranya:
  1. Memori serah terima jabatan dari Kepala Desa kepada Pj Kepala Desa; dan
  2. Memori serah terima jabatan dari Pj Kepala Desa kepada Kepala Desa terpilih

1. Memori Serah Terima Jabatan dari Kepala Desa kepada Pj Kepala Desa

Memori Serah Terima Jabatan dari Kepala Desa kepada Pj Kepala Desa diserahkan bersamaan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan Kepala Desa kepada Pj Kepala Desa. Naskah dokumen tersebut wajib disusun dengan mengacu pada Rencana Kegiatan 5 (lima) Bulan Sisa Masa Jabatan Kepala Desa Domisioner (baca: Kades lama). Rencana kegiatan 5 (lima) bulan sisa masa jabatan tersebut menjadi dasar penyusunan memori serah terima jabatan Kepala Desa dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Akhir Masa Jabatan (LPPD AMJ).

Sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 6 ayat 1 dan 2 Permendagri Nomor 46 Tahun 2016 tentang Laporan Kepala Desa, bahwa:

Laporan penyelenggaraan pemerintahan Desa akhir masa jabatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 memuat materi:

a. Laporan penyelenggaraan pemerintahan Desa selama masa jabatan; dan

b. Rencana kegiatan dalam masa kurun waktu 5 (lima) bulan sisa masa jabatan. (Ayat 1)

Rencana kegiatan 5 (lima) bulan sisa masa jabatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b dijadikan dasar penyusunan memori serah terima jabatan. (Ayat 2)

Mungkin sebagian dari Anda bertanya, “apa yang dilakukan Pejabat (PJ) Kepala Desa setelah terima jabatan” ini? Pertanyaan ini akan Kami jawab secara terpisah pada artikel berikutnya.

2. Memori Serah Terima Jabatan dari Pj Kepala Desa kepada Kepala Desa Terpilih

Memori Serah Terima Jabatan dari Pj Kepala Desa kepada Kepala Desa terpilih diserahkan bersamaan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan Kepala Desa dalam proses serah terima jabatan yang dilaksanakan setelah pelantikan Calon Kepala Desa terpilih. Buku memori serah terima jabatan ini dibuat dalam rangka serah terima jabatan Pejabat Kepala Desa yang telah habis masa kerjanya kepada Kepala Desa terpilih (yang baru).
Sebagaimana tertuang dalam Permendagri Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa, pada Pasal 5 ayat 1, 2 dan 3 berbunyi:
Serah terima jabatan dilakukan setelah pelantikan Calon Kepala Desa terpilih. (Ayat 1)
Serah terima jabatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan. (Ayat 2)
Penandatanganan berita acara serah terima jabatan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilaksanakan pada Acara pengambilan sumpah/janji dan pelantikan Calon Kepala Desa terpilih setelah penyematan tanda jabatan bersamaan dengan menyerahkan memori serah terima jabatan. (Ayat 3)
Secara khusus, dalam buku memori serah terima jabatan PJ Kades tersebut dalam buku memori ini akan diuraikan bagaimana keadaan selama menjabat sebagai Pj. Kepala Desa terhitung sejak tanggal dilantik sampai dengan tanggal dilantik-nya Kepala Desa terpilih. Karena itu menurut Kami, Buku Memori ini sangat penting, karena dapat menjadi sumber informasi bagi Kepala Desa terpilih dalam pelaksanaan tugas-tugasnya ke depan.

Memori Serah Terima Jabatan dari Pj Kepala Desa kepada Kepala Desa Terpilih desa Pengkol dapat di download disini