Sungai irigasi di desa Pengkol sudah mengering

Kabar gembira bagi Petani di Kabupaten Grobogan dan sekitarnya, Khususnya petani di Desa Pengkol Kecamatan penawangan , pasalnya tidak lama lagi para petani bisa memulai musim tanam (MT 1 ) pada pertengahan Oktober mendatang, hal tersebut sesuai surat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kabupaten Grobogan Nomor 610/170.1/2020

Seperti pada isi Surat tersebut Balai PSDA Serang Lusi Juana menyatakan bahwa pengaliran air irigasi waduk Kedungombo segera akan dibuka pada tanggal 15 Oktober 2020 mendatang. Hal ini berdasarkan kesepakatan berbagai pihak terkait. pada tanggal 09 September 2020 yang lalu, dalam berita acara tersebut menyepakati bahwa penentuan awal musim  Tanam ( MT ) 1 Daerah Irigasi Sistim Waduk Kedung Ombo akan digelontorkan pada pertengahan Oktober mendatang.

Pertimbangan lainya saat ini Kondisi ketersediaan air Waduk Kedung Ombo dan Prakiraan Musim Penghujan dari BMKG , maka secara umum awal musim tanam MT 1 Daerah Irigasi Sistim Waduk Kedung Ombo dimulai tanggal 15 Oktober 2020 Kecuali DI Klambu Wilalung yang akan dirilis lebih awal yaitu tanggal 8 Oktober 2020 , mengingat wilayah tersebut merupakan daerah genangan. Selanjutnya pihak terkait juga akan mengawal air hingga sampai ke areal persawahan sehingga bisa sampai ke petani pemakai air.

saat ini Ketersediaan air diwaduk kedung ombo kurang ideal untuk mengairi ribuan areal sawah pertanian karena elevasinya dibawah 85 meter diatas permukaan laut.

Kabar Gembira bagi Petani, Waduk Kedung Ombo Siap Rilis Air, Catat Tanggalnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *