Penyakit kaki gajah atau filariasis disebabkan oleh infeksi cacing jenis filaria pada pembuluh getah bening, untuk mencegah penyakit kaki gajah Pemerintah memberikan obat kepada masyarakat melalui Puskesmas setempat.

Dan di tahun 2021 ini adalah merupakan Pemberian obat Filariasis tahun ke – 6 sejak dimulai tahun 2015 lalu. Untuk Kecamatan penawangan sendiri sudah melaksanakan pemberian obat penyakit kaki gajah, yang dipusatkan di Poysandu Balita maupun Posyandu Lansia di desa-desa Khusus Desa Pengkol dilaksanakan Hari Senin 06 September 2021 di Aula Balai desa Pengkol.

Hal ini dijelaskan pegawai Puskesmas  Penawangan 1 yang menangani program tersebut, Sony kepada Penggerak Posyandu Desa Pengkol,  disela-sela pembagian obat Kaki Gajah di Balai desa Pengkol.

Menurut Sony, Desa yang akan didatangi sebanyak 10 Desa yang ada dalam wilayah kerja Puskesmas Penawangan 1

” Alhamdulilah berjalan lancar, obat cukup, tidak expaierd ini merupakan obat dari Dinas kesehatan Kabupaten Grobogan.Insya Allah pada Pertengahan september selesai pemberian obat kaki gajah,” ujar Sony yang juga Pegawai Puskesmas Penawangan 1 tersebut.

Selanjutnya oleh kader Posyandu tersebut dibagikan kepada Masyarakat di wilayah kader Posyandu tersebut secara rumah ke rumah.

Adapun dosisnya:

untuk usia 1-2 tahun adalah  1/2 tablet Albendazole;

usia 2-6 tahun mendapat 1 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole;

bagi yang berusia 6-14 tahun mendapat 2 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole

dan diatas usia 14 tahun mendapat 3 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole.

Selain membunuh cacing filaria, obat ini mampu membunuh cacing lainnya, sehingga dengan minum obat justru kita mendapat manfaat ganda, karena selain mencegah filaria, juga mencegah kecacingan.

Ibu-Ibu PKK Desa Pengkol Akan Bagikan Obat Vilariasis ( Kaki Gajah )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *