Forkopimcam Kecamatan Penawangan Hadiri Puncak Acara Sedekah Bumi Di Desa Pengkol – Desa pengkol Kec.Penawangan

Acara Sedekah Bumi merupakan salah satu upacara adat jawa berupa prosesi seserahan hasil bumi dari masyarakat kepada alam. Upacara ini biasanya ditandai dengan acara selamatan Desa yang diadakan di Balai Desa atau tempat-tempat yang dianggap sakral oleh masyarakat seperti halnya di Desa Pengkol dilaksanakan di Punden ” Jambu Manis “

Bertempat di Punden Jambu Manis Dusun Krajan Desa pengkol Kec. Penawangan. pada Kegiatan tersebut Forkopimcam hadir ditengah Masyarakat dalam rangka Sedekah Bumi (Bersih Desa).Kamis, (23/06/2022) pagi.

Sebagian orang Jawa, khususnya Jawa Tengah dan sekitarnya sampai sekarang masih melaksanakan adat kebiasaan yang dinamakan Bersih Desa dan ada pula yang menamakan sedekah bumi. Tradisi Bersih Desa atau sedekah bumi ini dilaksanakan satu kali dalam setahun.

Bersih Desa atau sedekah bumi oleh warga masyarakat dimaksudkan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena masyarakat telah diberi keselamatan selama satu tahun dan juga permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan pada tahun-tahun yang akan datang semoga tidak terdapat bencana atau aral melintang yang berat.

Menyikapi tradisi tersebut,  Forkopimcam Penawangan hadir ditengah-tengah masyarakat dalam rangka giat bersih desa atau sedekah bumi di Desa Pengkol Kecamatan Penawangan.

Camat Penawangan Drs. Kasan Anwar MM membenarkan bahwa ‘Budaya bersih desa atau sedekah bumi dengan mengadakan Selametan (kenduri) tersebut masih dipegang kuat oleh masyarakat, Selain bentuk rasa syukur, juga sebagai ajang silaturahmi dan memupuk rasa kebersamaan di lingkungan masyarakat” pungkasnya.

Pada acara Selain Camat Penawangan juga hadir Kapolsek, Danramil serta Sekretaris Kecamatan Penawangan yang ikut memeriahkan sekaligus untuk menghadiri undangan, karena sudah merupakan rutinitas tahunan setiap menyelenggarakan acara sedekah bumi Desa Pengkol sudah pasti juga ada hiburan kesenian yang berupa langem tayub dan warga pun sangat antusias selama kegiatan berlangsung.

Forkopimcam Kecamatan Penawangan Hadiri Puncak Acara Sedekah Bumi Di Desa Pengkol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.