Sebagai upaya mengantisipasi dan mencegah serangan hama tikus jelang musim tanam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Grobogan, melalalui Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Grobogan,akan menggelar lomba beburu tikus bagi para petani di wilayah kabupaten Grobogan.

Di lansir dari laman sosial media Facebook dispertan kabupaten Grobogan Lomba yang bertajuk ” Gerakan Pengendalian Hama Tikus ” Tersebut akan dimulai terhitung hari ini selasa 20 September 2021 dan akan berakhir 30 September 2021, selain itu lomba juga terdiri dari lomba tangkap tikus dan lomba foto dengan tema ” Gerakan Massal pengendalian Hama Tikus” .

Dalam keterangan unggahan tersebut lomba juga menyediakan hadiah uang jutaan rupiah hingga Alsintan bagi para pemenang nantinya. selanjutnya Ketentuan juga menyebutkan bahwa peserta lomba tangkap tikus tersebut harus dari Gapoktan ( gabungan Kelompok Tani ) dan pemenang yang dinilai adalah dari banyaknya tangkapan tikus.

Sedangkan Ketentuan Lomba Foto antara lain :

  1. Peserta Lomba gari Umum
  2. Peserta Lomba mengirim File Foto max 3 kepada panitia/ juri
  3. Kriteria penilaian berdasarkan Kreativitas, Partisivasi masyarakat dan hasil Gerakan Massal
  4. Foto harus dibuat pada periode Penilaian tanggal 20-30 september 2021
  5. Foto di Tag ke Akun instagram Dispertan Grobogan @dispertan_grobogan
dengan adanya program tersebut diharapkan dapat mengendalikan banyaknya hama tikus yang menyerang tanaman padi milik petani di Kabupaten Grobogan yang akan memasuki MT 1. Selain itu, lomba berburu tikus tersebut juga sebagai solusi  mengurangi penggunaan jebakan tikus beraliran listrik di sawah petani.

 

Dinas Pertanian Grobogan Gelar Lomba Tangkap Tikus Berhadiah Alsintan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *