Untuk percepatan pemulihan ekonomi serta kegiatan masyarakat yang terpuruk karena pandemi covid-19 yang sudah berlangsung satu tahun, maka setelah ditemukannya vaksin untuk covid-19 dan sudah siap untuk diberikan kepada masyarakat se Indonesia. Secara bertahap pemerintah memulai kegiatan pemberian vaksin covid-19.

 

Hal ini dilakukan agar masyarakat segera dapat melaksanakan kegiatan perekonomian seperti sediakala karena sudah diberi tameng penangkal berupa vaksin covid-19.

Sebanyak 749  lansia, pedagang pasar, pedagang keliling, Ojek online dari Desa Pengkol Kecamatan Penawangan laksanakan vaksinasi Covid-19 dosis 1 di Balai Desa Pengkol Selasa ( 13/07/2021). Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh puskesmas Penawangan 1 mulai  jam 08:00 s/d jam 13:00,Pelaksanaan program vaksinasi ini terus di gencarkan oleh pemerintah mengingat pandemi Covid-19 yang belum usai hingga saat ini. Hal ini disampaikan Ketua Tim dari Puskesmas.

Turut melakukan pengamanan dalam kegiatan tersebut Babinsa Koramil Penawangan Serda Noeryoto dan Bhabinkamtibmas Polsek Penawangan, W Baedhowi, serta dibantu Perangkat Desa Pengkol.

Dijelaskan, vaksinasi dosis pertama bertujuan untuk memicu respons kekebalan awal, sedangkan dosis kedua (booster) untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya. “Untuk membentuk antibody atau imunogenitas tubuh terhadap virus korona secara optimal diperlukan 2 kali vaksinasi atau biasa disebut vaksinasi dosis kedua”, kata PetugasPuskesmas yang memberikan keterang di depan Peserta Vaksinasi.

Lebih lanjut beliau menyampaikan, meskipun sudah dilakukan penyuntikan harus tetap mematuhi protokol kesehatan. “Walaupun sudah mendapatkan vaksin, kami harap para Lansia yang cenderung atau mudah terpapar virus untuk tetap patuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara,  SerdaNoeryoto menghimbau agar selama pelaksanaan vaksin, warga tetap mematuhi protkes, yakni memakai masker dengan benar, menjaga jarak, hindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun, agar kegiatan vaksinasi tidak menjadi cluster baru. Dalam kegaiatan pengamanan tersebut Babinsa juga mensosialisasikan kepada para Lansia untuk tidak takut divaksin, karena vaksin sudah teruji klinis, aman dan halal.

749 Warga Desa Pengkol Laksanakan Vaksinasi Covid-19 di Balai Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *