Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

Rabu (14/04) Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendataan SDGs Desa dimulai pada pukul 09.00 WIB, bertempat di Aula Kecamatan Penawangan ada 20 sekretaris desa dan 20 operator desa serta PD ( Pendamping Desa) dan PLD ( Pendamping Lokal Desa ) yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Acara dimulai dengan sambutan dari Camat Penawangan, Kasan Anwar, Beliau mengatakan ” Pendataan SDGs ini lebih rumit dan detail tetapi dapat membantu  pendataan lebih valid demi kebaikan Desa masing – masing” lalu dilanjutkan sambutan oleh Pendamping Ahli Kabupaten, Sulikul  mengatakan ” Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa tersebut akan memberikan gambaran nyata terkait kondisi desa dan masyarakat desa.

Pemutakhiran data desa akan dilakukan terperinci dari masing-masing individu”.

Selanjutnya narasumber menyampaikan, pemutakhiran data IDM berbasis SDGs merupakan amanat dari permendes PDTT nomor 21 tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Pihaknya juga berterimakasih kepada seluruh desa di kabupaten Grobogan yang telah selesai dalam pemutakhiran data Indeks Desa Membangun ( IDM).

“Harapannya pada tahun depan sudah tidak ada lagi desa di kabupaten Grobogan yang masuk kategori desa miskin dan bagi desa yang IDM nya naik akan mendapatkan dana alokasi kinerja,” terangnya.


Selanjutnya juga disampaikan bahwa SDGs desa ( sustainable development goals ) atau tercapainya tujuan pembangunan desa yang berkelanjutan merupakan program prioritas nasional yang menjadi kewenangan desa.

Dalam kesempatan ini, Solikul menambahkan bahwa pemutakhiran data SDGs desa tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 1 April sampai dengan 31 Mei 2021, adapun tahapanya sesuai RKTL (Rencana Kerja Tindak Lanjut ), dengan telah berakhirnya pemutakhiran data SDGs desa ini merupakan tujuan dalam menyusun RPJMDes dan RKPDes.

20 Desa di Kecamatan Penawangan Lakukan Bimtek SDG’s

92 gagasan untuk “20 Desa di Kecamatan Penawangan Lakukan Bimtek SDG’s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *