Cuma Dapat 490 Juta, Lelang Tanah Kas Desa Pengkol Terendah dalam 20 tahun Terakhir

  • Feb 23, 2023
  • Admin Pengkol

Salah satu PAD ( pendapatan asli Desa) Pemerintah Desa adalah bersumber dari hasil lelang tanah bengkok ( bondo desa). Hasil lelang tanah tersebut pasang surut tergantung kondisi yang mempengaruhinya. Bila hasil panen melimpah yang digarap petani pada tanah bondo desa itu, bisa dipastikan tahun depan tanah tersebut tetap terjual dalam arti tetap disewa, namun bila panen gagal otomatis pendapatan petani menurun yang pada akhirnya daya beli masyarakat petanipun ikut turun. Akibatnya tanah desa tersebut kemungkinan juga akan turun nilai sewanya.

Kondisi tersebut dirasakan oleh Pemdes Pengkol Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Kegiatan Lelang Tanah Bodo Desa dilaksanakan pada Kamis (23/02/23) di balai desa Pengkol hasilnya kurang maksimal, bahkan hampir semua bidang sawah yang dilelangkan menurun harganya dari tahun sebelumnya.

Kades Pengkol, Sugiharto Mengatakan, hal ini lebih disebabkan karena cuaca dan hama tananan, sehingga panen petani menurun dan mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat untuk menyewa tanah bondo desa tersebut.

Lelang/Sewa Tanah Bondo  Desa Pengkol dari 402 bidang sawah yang tersebar di 5 dusun pada tahun ini memperoleh hanya Rp 490 juta an, angka ini sangat menurun drastis  jika dibandingkan tahun lalu. yang memperoleh hampir 1 milyard.Perolehan hasil lelang tanah bondo desa pada tahun ini adalah yang terendah selama 20 tahun terakhir.