402 Bidang Tanah Kas Desa Pengkol Dilelangkan Secara Terbuka

  • Feb 23, 2023
  • Admin Pengkol

Pelaksanaan lelang bondo Desa Pengkol Kecamatan Penawangan yang dilaksanakan Kamis 23 Februari 2023 merupakan kagiatan rutin tahunan.

Sebagai informasi, tanah milik Desa ini memang disewakan kepada warga untuk digarap selama periode 1 tahun dan sebelumnya harus dilakukan lelang.

Untuk musim tanam ini, ada 402 lokasi tanah milik Desa yang dilelang untuk disewa dan digarap warga dengan luas yang berbeda antara 500 M hinggga 2.500 M2 di 5 dusun yang berbeda.

 

Kepala Desa Pengkol, Sugiharto mengatakan, lelang ini merupakan agenda tahunan dalam rangka mendongkrak pendapatan asli Desa.

"Semoga para pelelang dapat menggunakan sebaik-baiknya tanah yang disewakan dengan pola tanam yang baik dan semoga para pelelang tetep mendapatkan keuntungan dari melelang tanah bondo deso ini karena dalam setahun terakhir masyarakat Desa Pengkol banyak yang gagal panen” ujarnya.

Kades memastikan lelang tanah kas Desa ini dilaksanakan dengan bebas dan transparan, sesuai dengan Peraturan Kepala Desa Pengkol Nomor. 02 Tahun 2023 tentang lelang tanah kas Desa

Hasil dari lelang tersebut akan dimanfaatkan untuk membiayai pembangunan Desa pelaksanaan lelang ini dilakukan secara terbuka sehingga tidak ada rekayasa pemenang lelang atau manipulasi yang dilakukan oleh panitia Lelang.

Sistem lelang ini dilaksanakan dengan penawaran dasar atau harga pembuka diberikan oleh panitia dengan berpatokan pada harga lelang pada tahun sebelumnya.

“Penawar diberikan kesempatan penawaran melalui lelang terbuka dan yang menjadi pemenang lelang tersebut adalah penawaran tertinggi,” imbuh kades.

Tahap selanjutnya para pemenang membayar secara kontan tanah bondo deso yang dilelangnya dan mendapatkan hak penggarapan selama 1 tahun.